» » » Warga : Karangetang bagus kalau meletus berkali-kali

Warga : Karangetang bagus kalau meletus berkali-kali

Reporter on Sabtu, 21 Maret 2015 |


Gunung Api Karangetang saat menyeburkan Lava Pijar dengan jarak luncuran hingga 1500 dari pemukiman warga pada awal oktober lalu.
Manado : Gunung Api Karangetang memang sudah menyatu dengan masyarakat Siau. Super aktifnya gunung adat ini, tidak membuat warga panik. Kebersamaan masa antara alam dan manusia, telah membuat keduanya saling mengenal. Warga menganggap, ada dua kemungkinan dampak bila Karangetang meletus. “Yang pertama meletus karena marah, karena ada pelanggaran adat yang telah dilakukan warga setempat,” beber Burhan warga Siau Timur ketika bertemu awak media pagi tadi, Selasa (17/03)

“Kemudian yang kedua meletus karena memberi berkah bagi warga. Material yang tumpah dari karangetang, bisa menyuburkan tumbuhan, apalagi menjadi sumber pertambangan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Tak heran, jika kemudian Burhan menjadi perkerja tambang. “Sumber pertambangan di sini adalah pasir dan bebatuan. Untuk membangun, warga tinggal mengambil material yang keluar dari gunung ini,” tambahnya.

Burhan mengatakan, setiap hari dia dan teman-temannya menambang di kaki gunung Karangetang. “Kami sudah terbiasa. Bagus kalau meletus berkali-kali, material yang keluar sudah tercicil. Namun yang membahayakan jika dia meletus cuma satu kali. Letusannya pasti dashyat,” ungkap Burhan.

Adapun, hasil pendapatan dari penambangan tersebut, cukup memenuhi kebutuhan warga. “Bahkan lebih, memang aktivitas gunung ini menghidupi juga orang di sekitarnya,” tandasnya.  “Bahkan, tdak jarang bebatuan di sini diangkut ke daerah lain untuk pembangunan di sana,” tambah Burhan.

Dengan begitu, kata Burhan, masyarakat tidak mengeluh atas keberadaan gunung ini. “Justru kami bangga boleh hidup berdampingan dengan Karangetang,” akunya. “Kami yakin, jika masyarakat terus menjaga etika tradisi dan hidup rukun dan damai, maka Karangetang pasti mengerti,” kunci Burhan.

rags
ragil@suarasitaronews.com
Baca Juga Berita Terkait Lainnya