» » » » Pemkab Hibahkan Lahan Untuk Pembangunan Radio Navigasi

Pemkab Hibahkan Lahan Untuk Pembangunan Radio Navigasi

Reporter on Sabtu, 21 Maret 2015 |

Suarasitaronews.com-Ondong, SIAU : Bupati Sitaro, Toni Supit telah menunjukkan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sitaro untuk saling bahu membahu dan kerjasama dalam meningkatkan sistem transportasi publik dan memajukan pembangunan daerah di bumi karamando.

Hal ini dibuktikan dengan adanya pemberian hibah berupa lahan tanah seluas 1000 meter persegi yang terletak di di Bebali Siau Timu berdekatan dengan kantor DPRD Sitaro untuk dijadikan lokasi pembangunan radio navigasi oleh Distrik navigasi Kelas 1 bitung.

Bupati Toni Supit mengatakan, Keamanan dan Keselamatan Pelayaran merupakan faktor yang sangat penting untuk menunjang kelancaran transportasi laut dan mencegah terjadinya kecelakaan, dimana penetapan alur pelayaran dimaksudkan untuk menjamin keamanan dan keselamatan pelayaran melalui pemberian koridor bagi kapal-kapal berlayar melintasi perairan yang diikuti dengan penandaan bagi bahaya kenavigasian.

"Oleh karena itu, dengan dibangunnya stasion radio navigasi ini, peran perhubungan laut dalam keselamatan pelayaran bisa tetap terjaga,"kata Tonsu kemarin, Kamis, (19/03)

Terpisah, Sekretaris Dishubkominfo Sitaro Gandhawari Mulalinda, mengatakan, pengadaan sarana bantu navigasi ini manfaatnya memberikan informasi berita, keamanan dan keselamatan pelayaran.

"Sejauh ini kendala kita dalam pelayaran adalah belum memiliki Stasiun Radio Pantai. Kehadirannya sangat penting dalam kenyamanan dan keselamatan pelayaran kapal-kapal," ungkapnya di Ondong kemarin.

Selain itu, lanjut Gandhawari, pelabuhan Pehe akan dipasang rambu-rambu suar dan pembangunan lampu suar di tanjung Toto dan tanjung Tototimu di Kampung Pehe Kecamatan Siau Barat. 

"Pihak Distrik Navigasi Kelas I Bitung sudah meninjau lokasi pelabuhan Pehe tersebut. Pengadaan perlengkapan pelayaran ini merupakan program kementerian perhubungan," terang dia

rags
ragil@suarasitaronews.com
Baca Juga Berita Terkait Lainnya